Pentingnya Imunisasi pada anak

Pentingnya Imunisasi

Apa itu imunisasi ?

Imunisasi adalah pemberian vaksin pada anak untuk melindungi tubuh dari penularan penyakit tertentu. Vaksin sendiri umumnya terbuat dari bakteri atau virus yang sudah melalui proses pelemahan atau bahkan dimatikan, atau bagian-bagian dari bakteri / virus tersebut yang telah dimodifikasi.

Manfaat imunisasi pada anak

1. Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak dengan merangsang terbentuknya zat Antibodi.
  2. Untuk mencegah anak terjangkit penyakit serius
  3. untuk membantu melindungi kesehatan masyarakat, sebab jika sudah cukup jumlah orang dalam suatu komunitas yang kebal terhadap infeksi penyakit tertentu maka akan sulit untuk penyakit itu menyebar dan menulari orang lain yang belum diimunisasi.

Jadwal Imunisasi Anak

1. Imunisasi BCG

Imunisasi primer ini berguna untuk melindungi tubuh anak dari bakteri penyebab penyakit tuberkulosis (TB). imunisasi primer ini dilakukan 1 kali pada usia 0 -1 bulan

2. Imunisasi Campak

Imunisasi primer ini berguna untuk mencegah penyakit campak berat, yang memicu pneumonia, diare, dan radang otak (ensefalitis). imunisasi primer ini diberikan pada usia 9 bulan, usia 18 bulan, dan pada usia 5-7 tahun

3. Imunisasi DPT-Hep B-Hib (Pentabio)

Imunisasi primer ini berguna untuk mencegah 6 penyakit sekaligus, yaitu difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus, hepatitis B, pneumonia, dan meningitis (radang otak). imunisasi primer ini diberikan pada usia 2 bulan, 3 Bulan, 4 Bulan dan 18 bulan

4. Imunisasi Poli

Imunisasi primer ini berguna agar bayi memperoleh kekebalan terhadap infeksi polio, yang dapat menyerang sistem syaraf pusat dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motorik , sehingga penderita akan mengalami kelumpuhan anggota gerak.imunisasi primer ini diberikan pada usian 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan

Dengan bertambahnya usia anak, risiko kesehatan pun kian beraneka ragam. Salah satunya infeksi penyakit menular. Tidak semua penyakit menular berisiko serius. Tapi, walau dunia kesehatan terus berkembang, beberapa jenis penyakit bisa memicu risiko medis yang membahayakan anak, dari kecacatan sampai kematian.

Sebelum ada vaksin, banyak anak menjadi korban penyakit menular, seperti campak dan polio. Program imunisasi telah terbukti berhasil mengurangi angka kesakitan, kecacatan maupun kematian akibat penyakit yang bisa di cegah dengan imunisasi. Karena itu, anak bisa mendapatkan manfaat imunisasi berupa perlindungan terbaik dari penyakit serius sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi orang tua.

Klinik Wangbi Child Center menyediakan Dokter Spesialis Anak untuk melayani buah hati Anda. Child Growth & Development Center merupakan salah satu layanan unggulan Wangbi Child Center. Lihat jadwal Dokter Spesialis Anak kami di sini.

Wangbi Beauty Center